SDM

SUMBER DAYA MANUSIA BAGI  ORGANISASI

          SDM : Individu-individu dalam organisasi kerwirausahaan yang dapat memberikan kontribusi atau sumbangan yang berharga berupa produktivitas dari posisi yang mereka pegang untuk mencapai tujuan perusahaan
          Peranannya dlm organisasi  :Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor sentral dalam suatu organisasi. Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia.
          Pengelolaan SDM/MSDM : yaitu merupakan sebuah ilmu serta seni dalam kegiatan perencanaan, pengelolaan dan pengembangan segala potensi sumber daya manusia yang ada.
          (The man on the right place)

PROSES MANAJEMEN SDM

Perencanaan SDM (Human Resource Planning)
Penyediaan SDM (Personnel Procurement)
Pengembangan SDM (Personnel Development)
Pemeliharaan Tenaga Kerja (Personnel Maintenance)
Pemanfaatan SDM (Personnel Utilization)

PEMANFAATAN SDM
        Perusahaan biasanya membuat beberapa program  untuk tetap memastikan bahwa perencanaan SDM nya sesuai dengan perencanaan strategis perusahaan Seperti:
v  Promosi yaitu proses pemindahan perusahaan ke jenjang  yang lebih tinggi.
v  Demosi, penurunan tenaga kerja ke bagian yang lebih rendah
v  Transfer, memindahkan tenaga kerja ke bagian lain, dengan harapan akan lebih produktif setelah mengalami proses transfer
v  Separasi, yaitu upaya perusahaan  untuk melakukan  pemindahan lingkungan kerja tertentu ke lingkungan lain, hal ini biasanya dilakukan jika ada konflik yang terjadi.


BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI

       Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk merubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000 ).
       Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002 ).

KOMUNIKASI , PENYAMPAIAN PIKIRAN, PERASAAN, GAGASAN, IDE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TERTENTU DARI SATU ORANG KEPADA ORANG LAIN

Fungsi Komunikasi

       Kendali : komunikasi bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
       Motivasi : komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan
       Pengungkapan emosional : bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental dengan mana anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka

       Informasi : komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar