SUMBER
DAYA MANUSIA BAGI ORGANISASI
•
SDM :
Individu-individu dalam organisasi kerwirausahaan yang dapat memberikan
kontribusi atau sumbangan yang berharga berupa produktivitas dari posisi yang
mereka pegang untuk mencapai tujuan perusahaan
•
Peranannya
dlm organisasi :Sumber Daya Manusia
(SDM) adalah faktor sentral dalam suatu organisasi. Apapun bentuk serta
tujuannya, organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan
manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia.
•
Pengelolaan SDM/MSDM : yaitu merupakan sebuah ilmu serta seni dalam
kegiatan perencanaan, pengelolaan dan pengembangan segala potensi sumber daya
manusia yang ada.
•
(The
man on the right place)
PROSES MANAJEMEN SDM
Perencanaan SDM (Human Resource Planning)
Penyediaan SDM
(Personnel Procurement)
Pengembangan SDM
(Personnel Development)
Pemeliharaan
Tenaga Kerja (Personnel Maintenance)
Pemanfaatan SDM
(Personnel Utilization)
PEMANFAATAN
SDM
• Perusahaan
biasanya membuat beberapa program untuk
tetap memastikan bahwa perencanaan SDM nya sesuai dengan perencanaan strategis
perusahaan Seperti:
v Promosi
yaitu proses pemindahan perusahaan ke jenjang
yang lebih tinggi.
v Demosi,
penurunan tenaga kerja ke bagian yang lebih rendah
v Transfer,
memindahkan tenaga kerja ke bagian lain, dengan harapan akan lebih produktif
setelah mengalami proses transfer
v Separasi,
yaitu upaya perusahaan untuk
melakukan pemindahan lingkungan kerja
tertentu ke lingkungan lain, hal ini biasanya dilakukan jika ada konflik yang
terjadi.
BENTUK-BENTUK
KOMUNIKASI
• Komunikasi
adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada
orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua
pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk
merubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek
tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000 ).
• Komunikasi
adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi dari
seseorang ke orang lain (Handoko, 2002 ).
KOMUNIKASI , PENYAMPAIAN
PIKIRAN, PERASAAN, GAGASAN, IDE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TERTENTU DARI SATU
ORANG KEPADA ORANG LAIN
Fungsi
Komunikasi
• Kendali
: komunikasi bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota dalam beberapa
cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus
dipatuhi oleh karyawan.
• Motivasi
: komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para
karyawan apa yang harus dilakukan
• Pengungkapan
emosional : bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber
utama untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok itu
merupakan mekanisme fundamental dengan mana anggota-anggota menunjukkan
kekecewaan dan rasa puas mereka
• Informasi
: komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok
untuk mengambil keputusan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar