PEMASARAN
RENCANA PEMASARAN
Defenisi
Pemasaran & Manajemen Pemasaran
Rencana Pemasaran
- Batasan Rencana Pemasaran
-
Langkah-langkah dalam menyusun
renacan pemasaran
“Pemasaran adalah proses sosial dan
managerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai
(Philip Kotler,1986)
Pemasaran adalah suatu sistem
keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang
memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Manajemen
Pemasaran
Manajemen
pemasaran adalah analisis, perencanaan, penerapan dan pengawasan terhadap
program yang telah dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan
pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud
untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. (Kotler, 1986;20)”
Pengertian
manajemen adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh
perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang,
dan untuk mendapatkan laba.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Buchari Alma (2004:130), yaitu: “
Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh
kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.”
Dari
bebearapa defenisi diatas dapat disimpulkan bahwa Manajemen pemasaran merupakan
proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian seluruh
kegiatan pemasaran untuk kelansungan , perkembangan dan laba perusahaan.
RENCANA PEMASARAN
• Rencana
pemasaran adalah bagaimana sebuah organisasi bisnis dapat mencapai tujuan
pemasarannya melalui sistem pemasaran yang dibentuk oleh komponen eksternal,
internal, umpan balik dan wirausahawan (pelaku bisnis)
• Analisa
Situasi
• Analisa
SWOT
• Sasaran
Pemasaran
• Strategi
Pemasaran
• Program
Aksi
• Proyeksi
Rugi Laba
• Pengawasan
Analisa situasi
• Lingkungan
eksternal (lingkungan diluar perusahaan)
• Lingkungan
internal (lingkungan di dalam perusahaan)
SWOT
• Melakukan
identifikasi dan analisis terhadap peluang dan ancaman yang mungkin dihadapi
oleh perusahaan sebagai hasil intraksi lingkungan eksternal yang dapat
mempengaruhi kinerja perusahaan. Pengaruh hasil intraksi lingkungan internal
perusahaan juga perlu diidentifikasi dan dianalisis berupa kekuatan dan
kelemahan
• Kekuatan
• Kelemahan
• Kesempatan
• Ancaman
Sasaran Pemasaran
•
Mendefinisikan sasaran (tujuan) yang ingin
dicapai, baik sasaran keuangan maupun sasaran pemasaran.
•
ROI, Arus kas, dan keuntungan
Strategi Pemasaran
•
Jadi Strategi pemasaran dapat dinyatakan
sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran, dari
suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah
agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
•
Strategi berubah karena 3 hal:
•
1. Daur Hidup Produk
•
2. Posisi persaingan
•
3. Situasi Ekonomi
Macam
Macam Strategi Pemasaran
Segmentasi pasar
•
Segmentasi pasar (Geografis, demografis,
psikografis
•
Tipe-Tipe Segmentasi Pasar (pemasaran
massal,multi segmentasi, sementasi tunggal, peramalan pasar
Targeting
•
Undifferentiated targeting strategy,
(pasar besar dengan kebutuhan yg sama)
•
Differentiated targeting strategy,
(perusahaan menghasilkan beberapa produk yang memiliki karakteritik yang
berbeda.
•
Concentrated targeting strategy, (fokus satu produk ke beberapa segmen
potensial)
•
Custom targeting strategy, lebih mengarah
kepada pendekatan terhadap konsumen secara individual.
Market posisioning
•
Positioning berdasarkan perbedaan produk.
•
Positioning berdasarkan atribut produk atau
keuntungan dari produk tersebut.
•
Positioning berdasarkan pengguna produk.
•
Positioning berdasarkan pemakaian produk.
(kapan produk dikonsums
Marketing mix
•
Produk
•
Price
•
Place
•
Promotion
•
People
•
Process
•
Physical evidance
Program aksi
•
Berisi rincian setiap unsur dari strategi
pemasaran yang telah disusun, terutama untuk menjawab apa yang akan dilakukan,
kapan dilakukan, siapa yang melakukan, dan berapa biayanya?.
Proyeksi Rugi Laba
•
Menyusun anggaran dan proyeksi rugi laba dari
rencana pemasaran yang akan dilakukan.
Pengendalian..
•
Menyusun rencana evaluasi dan monitoring secara
berkala mengenai pelaksanaan rencana, sehingga penyimpangan dalam pelaksanaan
dapat segera dilakukan pengendalian
Batasan
Rencana pemasaran
• Sebuah
perencanaan pemasaran harus mampu menjawab beberapa pertanyaan berikut:
• Kita
telah berada dimana (where do we now)?
• Kemana
kita akan pergi (where do we go)?
• Bagaimana
cara mencapainya (how do we go)?
Langkah-Langkah
dalam penyusun rencana Pemasaran
- Mendefinisikan situasi bisnis
- Mendefinisikan segmen pasar (peluang dan ancaman)
- Mendefinisikan kekuatan dan kelemahan
- Penetapan tujuan dan pasar
- Mendefinisikan strategi pemasaran dan usaha yang dilakukan
- Perancangan tanggung jawab implementasi
- Penganggaran strategi pemasaran Monitor kemajuan usaha pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar