PEMASARAN

PEMASARAN

RENCANA PEMASARAN
  Defenisi Pemasaran & Manajemen   Pemasaran
 Rencana Pemasaran
        - Batasan Rencana Pemasaran
        -  Langkah-langkah dalam menyusun 
           renacan      pemasaran
“Pemasaran adalah proses sosial dan managerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai (Philip Kotler,1986)

Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, penerapan dan pengawasan terhadap program yang telah dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. (Kotler, 1986;20)”
Pengertian manajemen adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba.
Pengertian manajemen pemasaran menurut Buchari Alma (2004:130), yaitu: “ Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.”
Dari bebearapa defenisi diatas dapat disimpulkan bahwa Manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian seluruh kegiatan pemasaran untuk kelansungan , perkembangan dan laba perusahaan.


RENCANA PEMASARAN
       Rencana pemasaran adalah bagaimana sebuah organisasi bisnis dapat mencapai tujuan pemasarannya melalui sistem pemasaran yang dibentuk oleh komponen eksternal, internal, umpan balik dan wirausahawan (pelaku bisnis) 
       Analisa Situasi
       Analisa SWOT
       Sasaran Pemasaran
       Strategi Pemasaran
       Program Aksi
       Proyeksi Rugi Laba
       Pengawasan

Analisa situasi
       Lingkungan eksternal (lingkungan diluar perusahaan)
       Lingkungan internal (lingkungan di dalam perusahaan)
SWOT
       Melakukan identifikasi dan analisis terhadap peluang dan ancaman yang mungkin dihadapi oleh perusahaan sebagai hasil intraksi lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Pengaruh hasil intraksi lingkungan internal perusahaan juga perlu diidentifikasi dan dianalisis berupa kekuatan dan kelemahan
       Kekuatan
       Kelemahan
       Kesempatan
       Ancaman




Sasaran Pemasaran
          Mendefinisikan sasaran (tujuan) yang ingin dicapai, baik sasaran keuangan maupun sasaran pemasaran.
          ROI, Arus kas, dan keuntungan
Strategi Pemasaran
          Jadi Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran, dari suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
          Strategi berubah karena 3 hal:
          1. Daur Hidup Produk
          2. Posisi persaingan
          3. Situasi Ekonomi



Macam Macam Strategi Pemasaran
 Segmentasi pasar
          Segmentasi pasar (Geografis, demografis, psikografis
          Tipe-Tipe Segmentasi Pasar (pemasaran massal,multi segmentasi, sementasi tunggal, peramalan pasar
Targeting
          Undifferentiated targeting strategy, (pasar besar dengan kebutuhan yg sama)
          Differentiated targeting strategy, (perusahaan menghasilkan beberapa produk yang memiliki karakteritik yang berbeda.
          Concentrated targeting strategy,  (fokus satu produk ke beberapa segmen potensial)
          Custom targeting strategy, lebih mengarah kepada pendekatan terhadap konsumen secara individual.
Market posisioning
          Positioning berdasarkan perbedaan produk.
          Positioning berdasarkan atribut produk atau keuntungan dari produk tersebut.
          Positioning berdasarkan pengguna produk.
          Positioning berdasarkan pemakaian produk. (kapan produk dikonsums
   Marketing mix
          Produk
          Price
          Place
          Promotion
          People
          Process
          Physical evidance


Program aksi
          Berisi rincian setiap unsur dari strategi pemasaran yang telah disusun, terutama untuk menjawab apa yang akan dilakukan, kapan dilakukan, siapa yang melakukan, dan berapa biayanya?.
Proyeksi Rugi Laba
          Menyusun anggaran dan proyeksi rugi laba dari rencana pemasaran yang akan dilakukan.
Pengendalian..
          Menyusun rencana evaluasi dan monitoring secara berkala mengenai pelaksanaan rencana, sehingga penyimpangan dalam pelaksanaan dapat segera dilakukan pengendalian
Batasan Rencana pemasaran

       Sebuah perencanaan pemasaran harus mampu menjawab beberapa pertanyaan berikut:
       Kita telah berada dimana (where do we now)?
       Kemana kita akan pergi (where do we go)?
       Bagaimana cara mencapainya (how do we go)?

Langkah-Langkah dalam penyusun rencana Pemasaran
  • Mendefinisikan situasi bisnis
  • Mendefinisikan segmen pasar (peluang dan ancaman)
  • Mendefinisikan kekuatan dan kelemahan
  • Penetapan tujuan dan pasar
  • Mendefinisikan strategi pemasaran dan usaha yang dilakukan
  • Perancangan tanggung jawab implementasi
  • Penganggaran strategi pemasaran Monitor kemajuan usaha pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar